Review
Penerapan Standar Sistem Manajemen Mutu (ISO) 9001:2008 Pada Kontraktor PT.
Tunas Jaya Sanur
PT. Tunas Jaya Sanur merupakan suatu
perusahaan yang bergerak pada bidang jasa kontruksi yang telah mendapatkan
sertifikat ISO 9001:2008 dan menerapkannya dalam pelaksanaan proyek-proyek jasa
kontruksi yang salah satunya pada proyek pembangunan Apartemen & Shopping
Arcade Sea Sentosa Hotel.
1.
Pengertian ISO 9001:2008
ISO 9001:2008
adalah sistem manajemen mutu ISO 9001 yang merupakan hasil revisi tahun 2008. ISO 9001:2008 bukan merupakan
standar produk, tetapi standar sistem manajemen kualitas.
2.
Proses Mendapatka ISO 9001:2008 Bagi Kontraktor
Perusahaan
kontraktor yang ingin mendapatkan sertifikat ini harus mengikuti
langkah-langkah, seperti :
a. Adanya komitmen dari pimpinan puncak
b. Membentuk komite pengarah atau koordinator ISO
c. Mempelajari persyaratan persyaratan standar dari
sistem manajemen kualitas ISO 9001:2008
3.
Klausul-klausul ISO 9001:2008
ISO 9001:2008
terdiri dari beberapa klausul, yaitu :
a. Klausul 1. Ruang lingkup
Lebih ditekankan kepada persyaratan standar untuk
memenuhi kepuasan pelanggan.
b. Klausul 2. Referensi normatif
Referensi-referensi seperti peraturan
pemerintah dan buku panduan tentang
kualitas.
c. Klausul 3. Istilah dan definisi
Menetapkan, mendokumentasikan, melaksanakan,
memelihara langkah – langkah untuk implementasi sistem manajemen kualitas ISO
9001:2008 dan kebutuhan peningkatan terus menerus.
d.
Klausul 4.
Sistem manajemen mutu
Persyaratan umum dalam memimpin dan mengoperasikan
organisasi perlu dilakukan pengelolaan yang sistematis.
e.
Klausul 5.
Tanggung jawab manajemen
Klausul ini menekankan pada komitmen manajemen
puncak (top management
commitment). Dalam hal fokus pelanggan manajemen
puncak harus menjamin bahwa persyaratan pelanggan telah ditetapkan dan dipenuhi
dengan tujuan peningkatan kepuasan pelanggan.
f.
Klausul 6.
Manajemen sumber daya
Penyediaan sumber daya suatu organisasi harus menetapkan
dan memberikan sumber-sumber daya yang diperlukan secara tepat untuk menerapkan
dan mempertahankan sistem manajemen kualitas ISO 9001:2008 serta meningkatkan efektivitasnya
terus menerus dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
g.
Klausul 7.
Realisasi produk
Dalam hal perencanaan realisasi produk organisasi
harus menjamin bahwa proses realisasi produk berada di bawah pengendalian, agar
memenuhi persyaratan produk.
h.
Klausul 8.
Pengukutan analisis dan peningkatan
Organisasi harus menetapkan rencana-rencana dan
menerapkan proses-proses pengukuran, pemantauan, analisis dan peningkatan yang
diperlukan agar menjamin kesesuaian dari produk.
4.
Rekapitulasi Penerapan Klausul 4 (Sistem Manajemen
Mutu)
Dari
hasil kuesioner terhadap dua responden untuk klausul 4 dapat dihitung sebagai
berikut :
a.
Total nilai skor
hasil interview pertanyaan klausul 4, yaitu responden 1 sebanyak 113 dan
responden 2 sebanyak 100.
b.
Klausul 4 pada
responden 1 memiliki skor 90,4 % dan responden 2 memiliki skor 80%. Rata-rata
persentase klausul 4 adalah 85,20%.
5.
Rekapitulasi Hasil ISO 9001:2008
No
|
Klausul
|
Persentase (%)
|
1
|
Klausul 4 (Sistem Manajemen Mutu)
|
85,20
|
2
|
Klausul 5 (Tanggung Jawab Manajemen)
|
78,24
|
3
|
Klausul 6 (Manajemen SDM)
|
82,64
|
4
|
Klausul 7 (Realisasi Produk)
|
91,20
|
5
|
Klausul 8 (Pengukuran, Analisa dan
Peningkatan)
|
91,18
|
|
Rata-rata
|
85,69
|
6.
Faktor-faktor Kendala Penerapan ISO 9001:2008 Pada
PT. Tunas Jaya Sanur
Faktor-faktor kendala ini didasarkan pada penilaian
responden pada kuesioner. Faktor-faktor yang dimaksud dibagi menjadi 5
kelompok, yaitu :
a.
Tenaga kerja
(SDM)
b.
Mesin/Alat
c.
Metode/Prosedur
d.
Material/Form
e.
Uang/Modal
Pada Klausul 6 (manajemen sumber
daya) terdapat kendala yang dihadapi yaitu dokumentasi dan staff. Pada Klausul
5 (tanggung jawab manajemen) tentang manajemen responsibility. Faktor faktor
yang menjadi kendala adalah tenaga kerja yang sering mengabaikan kebijakan mutu yang telah ada. Pada Klausul 4
(sistem manajemen mutu) faktor yang menjadi kendala adalah tenaga kerja dan
form.
7.
Kesimpulan
Kesimpulan dari hasil penerapan
sistem manajemen mutu ISO 9001/2008 pada
proyek pembangunan Apartemen & Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel oleh PT. Tunas Jaya Sanur
adalah
1.
Tingkat
penerapan ISO 9001:2008 PT. Tunas Jaya Sanur pada proyek Pembangunan Apartment
& Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel sebesar 85,69% termasuk dalam kategori
baik sekali (81% sampai dengan 100%).
2. Faktor-faktor
yang menjadi kendala dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 adalah
faktor tenaga kerja (SDM), metode atau prosedur kerja, material, dan form atau
dokumen tidak mencapai 100%.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar